Selasa, 13 November 2012

Data dan Informasi



Data adalah bahan baku sebuah informasi. Dalam kamus bahasa inggris-indonesia data itu berasal dari bahasa datum yang artinya fakta/bahan keterangan.
Sedangkan informasi menurut para ahli Gordon B. Davis, informasi itu sebagai data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan itu bersifat nyata. Menurut Barry E.Cushing informasi itu harus berguna untuk yang menerimanya. Dan menurut Stephen A. Moscove informas itu digunakan untuk pengambil keputusan bisnis. Dengan penilaian para ahli ini, informasi dapat di simpulkan informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi ng menerimanya dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Suatu informasi itu harus dapat dikatakan bernilai bila Manfaat > biaya, nilai suatu informasi berhubungan dengan keputusan.
Data dan informasi itu sangat berhubungan, untuk sebuah informasi harus memperoleh data yang benar, sumber yang benar. Apabila sumeber tersebut tidak benar maka tidak dapat dinyatakan sebagai informasi.
Faktor lainnya ituseperti faktor:                    
-          Ekonomi                      : seberapa besar sumber daya yang diperlukan untuk mentrasformasikan informasi  menjadi komponen yang berperan dalam pemecahan suatu masalah.
-          Efisien                          : informasi harus mempunyai kualitas yang baik.
-          Dapat dipercaya           : berasal dari sumber ang dipercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar